RENUNGAN 14 AGUSTUS....(Mengambil Hikmah HUT Pramuka)


HUT Pramuka
Negara kebangsaan yang maju di antaranya dicirikan oleh tumbuhnya generasi muda yang sehat, memiliki jati diri, karakter, dan kepribadian yang luhur serta mulia. Gerakan Pramuka hendaknya terus dijadikan sebagai wadah generasi muda, dalam membina akhlak, budi pekerti, watak, dan perilaku. Gerakan Pramuka juga perlu terus ditingkatkan untuk mengasah keterampilan, inovasi, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar generasi kita kini dan mendatang memiliki daya saing yang tinggi. Gerakan Pramuka juga harus terus dipupuk, sebagai wadah bagi pembentukan nasionalisme dan patriotisme kita. Jadikan Gerakan Pramuka sebagai wadah pengendalian diri dari pengaruh-pengaruh negatif dan buruk, agar generasi dan tunas-tunas bangsa tumbuh secara cemerlang.
Kita ingin pendidikan kepramukaan tidak tergerus oleh jaman, tetap berperan besar dalam mencetak generasi muda yang unggul, berkarakter, berilmu, berbudi pekerti, dan mencintai alam. Kita memaksudkan agar Gerakan Pramuka menjadi instrumen yang dibutuhkan oleh para siswa, orang tua, sekolah, dan lingkungan sebagai tempat yang menyenangkan, untuk mengembangkan potensi, bakat, dan minat generasi muda secara positif. Juga menjadikan kepramukaan sebagai tempat belajar berorganisasi, bergotong-royong, memupuk persaudaraan, dan membina kerukunan antarsesama.
Kita semua memiliki tekad yang sama. Kita tidak ingin Gerakan Pramuka melemah aktivitasnya, kurang bersemangat, dan berjalan seadanya. Perlu langkah bersama agar Gerakan Pramuka menjadi kebutuhan bagi pengembangan nilai-nilai yang mulia, seperti terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka yang sangat tinggi makna filosofinya, sekaligus memiliki nilai keteladanan yang luhur. Ini menggambatkan betapa Gerakan Pramuka itu sangat penting. Bahkan dalam situasi dan perkembangan jaman dewasa ini, pendidikan kepramukaan sangat strategis dan diperlukan oleh bangsa kita. Kita menyadari, dunia semakin sempit dan mengglobal. Batas-batas jarak semakin dekat, dan setiap perkembangan di belahan bumi lain dengan mudah dapat kita dengar, kita baca, dan kita lihat. Globalisasi dewasa ini telah menjadi icon perubahan yang dahsyat, dengan ditemukannya berbagai kemajuan ilmu pengetahuan dan tekonogi yang mempermudah kegiatan umat manusia. Di tengah arus kemajuan itu, kita harus terus berusaha dan berikhtiar untuk membentengi jati diri kita sebagai bangsa, seraya terus mencari dan menciptakan peluang untuk kemajuan negeri kita.
Jadikan Gerakan Pramuka memiliki makna dan arti bagi generasi muda dan masyarakat sekitarnya. Jadikan Gerakan Pramuka sebagai solusi atas berbagai masalah yang dihadapi oleh para pelajar, sekolah, masyarakat, dan lingkungan kita. Dengan cara itu, kita yakin eksistensi Gerakan Pramuka akan terus sesuai dengan perubahan jaman. Kita semua ingin melahirkan generasi muda yang seimbang, cerdas, dan menguasai ilmu pengetahuan, tetapi juga tangguh identitas ke-Indonesia-an dan kepribadiannya. Keduanya adalah modal utama nilai-nilai kesatuan dan persatuan kita, sebagai sebuah bangsa. Keduanya juga modal sosial, agar generasi kita mampu beradaptasi, siap menghadapi tantangan jaman, dan menatap masa depan dengan penuh keyakinan. Untuk itulah, Pemerintah terus mendorong agar organisasi kepanduan kita maju, modern, kuat, dan memiliki eksistensi di tingkat nasional dan internasional.
Satu Pramuka untuk Satu Indonesia, Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia

DanisH......