PEMBUATAN VCO DI RUMAH TANGGA

Vco bisa dibuat dengan beberapa cara. Cara yang paling sederhana, tanpa memerlukan peralatan khusus, adalah dengan metode pemancingan. Metode ini yang biasa digunakan untuk pembuatan Vco skala rumah tangga.

Yang paling penting, kita harus benar benar mengetahui kelapa yang bermutu baik sehingga bisa menghasilkan produk Vco yang berkualitas. Disamping itu juga harus benar-benar memperhatikan kebersihan peralatan yang digunakan, karena akan berpen


Kelapa
VCO
garuh kepada keberhasilan proses.

Berikut cara pembuatan dengan metode pemancingan :

1. Pilih kelapa yang cukup umur dan segar, cuci bersih dan diparut

2. Santankan dengan menambah 2 liter air untuk tiap 1 kg kelapa parut

3. Taruh santan di wadah plastik tembus pandang dan diamkan selama 2~3 jam, sehingga terbentuk dua lapisan : krim santan dan air.

4. Ambil krim santan dengan cara menyendok perlahan-lahan. Simpan di wadah plastik yang tembus pandang.

5. Campur krim santan dengan minyak Vco (yang sudah jadi) dengan perbandingan 5 : 1, kemudian aduk rata selama 20 menit.

6. Biarkan dan lihat reaksinya. Mulai pada jam ke-6~8, pada wadah akan terbentuk 3 lapisan : Minyak murni(K-1), blondo (K-2) dan air.

7. Sendoki minyak perlahan-lahan lalu saring dengan kertas saring. Minyak ini yang disebut Vco (K-1). Minyak akan terus terbentuk sampai lebih kurang jam ke-12~16.

8. Setelah selesai pisahkan dan ambil blondo. Masak blodndo dengan api sedang. Blondo ini bisa menghasilkan minyak kualitas kedua (K-2).

Selamat mencoba ...


0 komentar: