Apa Itu Pupuk?????

Jenis-jenis Pupuk
Pemupukan

Apa itu Pupuk?
Pupuk adalah material tertentu  atau senyawa organik/ an organik yang ditambahkan ke media tanam atau tanaman dengan tujuan untuk melengkapi ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan tanaman sehingga tanaman dapat berproduksi dengan baik.
Pupuk mengandung bahan baku yang diperlukan pertumbuhan dan perkembangan tanaman, meliputi unsur hara makro seperti Nitrogen (N), Phosphor (P) dan Kalium (K) serta mineral-mineral mikro seperti Mangan (Mn), Besi (Fe), Seng (Zn), Boron (B), Cobalt (Co), dll.
Material pupuk dapat berupa bahan organik ataupun non-organik (mineral).
Bahan baku pupuk yang paling awal adalah kotoran hewan, sisa pelapukan tanaman dan arang kayu. Pupuk yang berasal dari bahan-bahan alami atau sisa-sisa dari makhluk hidup ini dikenal dengan sebutan Pupuk Organik.
Sedangkan Pupuk Anorganik atau sering dikenal dengan sebutan Pupuk Kimia merupakan hasil proses rekayasa bahan-bahan kimia dari atau pabrik pembuat pupuk kimia
Pemberian pupuk harus disesuaikan dengan kebutuhan unsur hara tanaman dengan takaran yang tepat karena pemberian pupuk yang terlalu banyak atau terlalu sedikit akan mengganggu pertumbuhan tanaman dan merusak ekosistem tanah.
Saat ini sedang trend yang dinamakan Pupuk Hayati. Pupuk Hayati adalah Pupuk yang berasal dari makhluk hidup (mikroorganisme) yang berukuran sangat kecil. Mikroba ini dianggap mampu memperbaiki kesuburan tanah serta meningkatkan produksi tanaman budidaya.
Penggunaan pupuk dapat langsung dicampur/disiramkan pada tanah ataupun disemprotkan pada tanaman, baik pada daun, batang ataupun pada buah.

0 komentar: