Petani dan Benih Yang Baik

jagung
Petani Ikhlas
Tersebutlah seorang petani jagung disuatu desa yang sangat terkenal akan kualitas jagungnya. setiap kali panen pembeli selalu memuji akan kualitas jagung dari sang petani.

Pembeli : Pak, saya sangat mengagumi akan kualitas  jagung bapak yang luar biasa, setiap kali panen hasilnya selalu sama yaitu kualitas nomor satu.

Petani  : Terima kasih atas pujiannya

Pembeli : Pak,,,apasih sebenarnya rahasia sehingga b
isa menghasilkan jagung sebaik ini????

Petani : Tidak ada rahasia pak,,, kami di desa ini menanam dan memelihara pohon jagung sama seperti petani dimana saja....

Pembeli : Tetapi buktinya di desa ini semua jagung panennya sangat bagus sekali?????

Petani : Mungkin karena kami selalu berbagi bibit yang baik. kalu saya mempunyai bibit yang baik dalam musim tanam kali ini, maka saya akan bagikan bibit tersebut kepada petani yang lain. demikian juga kalau petani lain mempunyai bibit yang baik, dia pasti akan bagikan kepada saya dan petani lainnya.

Pembeli : Mengapa harus berbagi bibit yang baik kepada petani lain, Mengapa bibit tersebut tidak bapak tanam sendiri saja ?????

Petani : Kami tidak boleh egois seperti itu. Kalau saya menanam bibit yang baik, sedangkan petani lain menanam bibit yang jelek, nanti kalu ada angin maka serbuk sari yang jelek akan menempel ke bibit yang baik  dan berakibat hasilnya menjadi jelek semua. kalau semua menanam bibit yang baik, lalu ada angin membawa serbuk sari, tentu yang terbawa adalah bibit yang baik.

Pembeli : Saya mengerti sekarang. petani disini semuanya bekerja dengan ikhlas dan mau berbagi kebajikan. itulah yang menyebabkan panen jagung selalu berhasil baik.

0 komentar: